image_pdfDownload PDFimage_printPrint

Pemerintah akan membuka rekrutmen ASN 2021 yang terbagi dalam 2 jalur yaitu CPNS 2021 dan PPPK 2021. Jadwal ASN 2021: Pengumuman SSCASN Penerimaan CPNS dan PPPK Guru dan Formasi Lain mengacu pada isu yang ada sebelumnya bahwa rencana bukaan seleksi tahun ini akan berlangsung di Maret 2021.

Untuk jumlah formasi yang dibuka pada gelaran percobaan seleksi CPNS atau PPPK 2021 nanti, pihak Kemenpan mengabarkan bahwa jumlah keseluruhan keperluan pegawai atau formasinya lebih dari jumlah formasi pada tahun 2019.

CPNS 2021 terkait hal apa saja yang penting silahkan simak berikut.

Kapan Registrasi CPNS 2021 Mulai Dibuka?
Bahwa pengerjaannya ditargetkan berlangsung pada April-Mei 2021.

Usul formasi CPNS atau PPPK 2021
Total usulan yang telah masuk dalam pengajuan formasi CPNS tahun 2021 yakni 113.172 formasi pusat dan 438.170 formasi tempat.

Mengingat PPPK dipakai secara eksklusif untuk rekrutmen guru, sesuai dengan persetujuan Menteri Pengajaran dan Kebudayaan (Mendikbud), PANRB, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Urusan Sipil serta menteri lainnya, Biro Pelayanan (BKN) akan mulai merekrut pada 2021 sejumlah 1 juta.

Macam formasi yang dibuka ditahun ini?
Menginfokannya dari informasi Kompas.com sebelumnya pada 10 Januari 2021 lalu, dalam pembukaan kali ini akan ada tiga formasi CPNS dan PPPK yang akan diterima.

Rincian ketiga formasi yang dimaksud yakni :
Formasi Profesi guru
Formasi Energi kesehatan
Formasi Daya teknis lain seperti formasi teknologi informasi dan komunikasi, formasi infrastruktur permukiman dan sanitasi, formasi transportasi, formasi kekuatan, dan formasi air bersih.

Bagaimana Kans bukaan khusus Pekerjaan guru?
Satu juta orang akan dipilih via jalur PPPK untuk membuka opsi regu profesional guru.

Teguh Widjinarko, perwakilan dari KemenPANRB, mengatakan pihaknya berencana merekrut 1 juta guru melewati agenda PPPK untuk mengatasi kekurangan energi honorer ketika ini.

Artinya, pihak Kemenpan akan menjadi yang pertama memecahkan permasalahan ini dalam waktu dekat. Padahal seperti itu, tak menutup kemungkinan fakultas akan membuka kembali seleksi melewati jalanan CPNS pada tahun kedua.

Berita Lainnya mengenai Jadwal ASN 2021 : Pengumuman SSCASN Penerimaan CPNS dan PPPK Guru dan Formasi Lain

Pemerintah akan merekrut lagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2021. Walaupun menghadapi pandemi Covid-19, pemerintah tetap akan menetapkan pilihan.

Tentu saja, isu bagus ini sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat di seluruh negeri.

KaBiro Peraturan, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Andi Rahadian mengawali dari Penunjuk.com dan membetulkan info tersebut. Dimana formasi pada 2021 akan lebih banyak dari segi jumlah formasi ketimbang sebelumnya.

Pemerintah juga menjadwal pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2021. KemenPANRB selaku Plt Wakil Presiden Bidang Sumber Daya Manusia mengatakan, sasaran registrasi CPNS 2021 merupakan April sampai Mei 2021.

Berdasarkan draf kemajuan pengelompokan ASN yang diusulkan dan rencana rekrutmen CPNS 2021 yang diterima, proposal pengelompokan 2021 yang direncanakan untuk Maret 2021 mulanya diperpanjang sampai akhir Mei 2021.

Untuk penyusunan tahun 2021 dan lembaga mana yang memberi kans, kami masih memproses data yang masuk. Ini akan diumumkan paling pesat akhir Maret.

Pihak Kemenpan mengatakan, diperkirakan pengerjaan registrasi dapat diawali dari April hingga bulan Mei 2021.

Mengenai jumlah formasi CPNS 2021 yang diusulkan, data dari sentra sebanyak 113.172 formasi. Meski data dari pemerintah tempat sebanyak 438.170 formasi.

Tapi, khusus untuk posisi PPPK, akan tercipta 1 juta posisi guru.

Bedanya dengan tahun sebelumnya, komposisi guru tak lagi tersaring lewat seleksi CPNS, melainkan via metode perjanjian kerja (PPPK) PNS.

Pemilihan CPNS dan PPPK membutuhkan tiga format. Rincian formasi merupakan: Profesi guru, Energi kesehatan, dan Energi teknis lain.

Sebagaimana diceritakan di atas, akan dipilih 1 juta orang melewati jalur PPPK untuk memilih tim profesional guru.

Meski demikian itu, tak menutup kemungkinan dibukanya kembali regu pengajar (formasi guru) melewati jalur CPNS di tahun kedua.

Was this helpful?

4 / 0