image_pdfDownload PDFimage_printPrint

📢 Untuk bisa mengikuti Seleksi CPNS 2022, Anda akan diminta untuk memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditetapkan oleh panitia. Meski memang ada prasyarat khusus yang akan dipinta oleh masing-masing kementerian/institusi yang Anda lamar, terdapat prasyarat awam yang akan dimaksudkan terhadap seluruh pelamar. Berdasarkan pasal 23 ayat (1) Regulasi Pemerintah nomor 11 tahun 2017, berikut ini merupakan prasyarat lazim yang patut dipenuhi oleh pelamar seleksi CPNS 2022.

Persyaratan CPNS untuk Lulusan S1

⚠️ Berusia 18-35 tahun dikala melamar. Tak pernah dipenjara karena tindak pidana selama 2 tahun atau lebih. Tak pernah diberhentikan sebagai PNS, prajurit TNI atau member Polri. Serta tak pernah diberhentikan tak dengan hormat sebagai pegawai swasta. Bukan yakni PNS, prajurit TNI dan anggota Polri. Bukan yakni member partai, pengurus partai dan tak terlibat dalam politik praktis. Mempunyai kualifikasi pendidikan layak dengan prasyarat jabatan. Sehat jasmani dan rohani pantas dengan prasyarat jabatan yang dilamar. Bersedia ditempatkan di semua kawasan Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

⚠️ Kecuali syarat awam di atas, masih ada prasyarat dokumen yang disediakan oleh pelamar. Mengacu terhadap seleksi CPNS 2017, berikut ialah dokumen/berkas yang mesti dipenuhi oleh pelamar seleksi CPNS untuk tamatan S1.

⚠️ Fotokopi kartu pedoman penduduk (KTP). Fotokopi ijazah strata 1 dan transkrip nilai yang telah dilegalisir. Surat keterangan akreditasi dari badan akreditasi nasional perguruan tinggi (BAN-PT). Ideal foto terbaru 4X6 sebanyak 4 lembar dengan berlatar belakang warna merah.

⚠️ Kecuali prasyarat lazim di atas, sebagian kementerian/institusi tertentu akan memberikan persyaratan khusus yang berbeda-beda. Jadi, persiapkan dokumen yang telah disyaratkan dan jangan lupa untuk selalu mencontoh perkembangan berita tentang CPNS 2022.

📢 Referensi lebih lanjut: Regulasi Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pengajaran.

Was this helpful?

9 / 0