SSCN.BKN.go.id: Formasi CPNS 2021/2022 Untuk Seluruh Provinsi Kabupaten Kota

Tahun 2021, pemerintah kembali membuka perekrutan CPNS untuk pemerintah provinsi dan daerah. Lowongan yang dibuka pun lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Fokus rencana dan rekrutmen dalam CPNS 2021 diarahkan untuk tingkatkan energi saing bangsa, bersama prioritas pada bidang layanan dasar yang meliputi pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur.

Tahapan seleksi penerimaan calon ASN/CPNS tahun 2021 akan di awali dari tahapan penerimaan CPNS lalu selesai dilantik. Pembukaan CPNS tempat dilakukan setelah lembaga vertikal atau pusat telah menyelesaikan pelaksanaan CPNS yang digelar baru-baru ini. Penetapan formasi tertentu pengadaan CPNS Tahun 2021 terdiri dari Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, dan juga Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru serta tenaga kesehatan yang memenuhi syarat dalam mengikuti seleksi CPNS.

Info Update CPNS 2021 cek di https://bkn.web.id/

Berkas yang disiapkan

Untuk kriteria umum yang mesti dipenuhi oleh setiap calon pelamar sesuai bersama dengan ketentuan sebagaimana diatur didalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Teknis pendaftarannya dikerjakan serentak secara daring/online oleh Panitia Seleksi Nasional yang secara tekhnis dikoordinasikan oleh Badan Kepegawaian Negara melalui portal pendaftaran daring/online (sscn.bkn.go.id). Calon pelamar cuma diperbolehkan mendaftar pada satu lembaga pemerintah dan satu formasi jabatan.

Ada tiga tahapan seleksi pelamar CPNS, yakni seleksi administrasi, SKD, dan SKB. Untuk dapat ikuti seleksi lanjutan, pelamar mesti lolos seleksi administrasi. SKD merupakan tidak benar satu tahapan sehabis pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi. Seperti th. lalu, pelaksanaan SKD CPNS th. 2021 ini mengfungsikan proses Computer Assisted Test (CAT).

Berkas administrasi yang disiapkan tidak jauh tidak serupa bersama dengan berkas-berkas pendaftaran calon pegawai negeri sipil di tahun lalu, yaitu :

  1. Foto-copy KTP,
  2. Foto-copy ijazah paling akhir (sarjana) dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir,
  3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT (Optional).
  4. Pas foto teranyar ukuran 4cm x 6cm sebanyak 4 lembar bersama dengan latar belakang merah Khusus untuk formasi tamatan SLTA/sederajat dan D-III, berkas ini yang diperlukan:
    • Materai Rp 6.000,
    • Foto-copy KTP
    • Foto-copy ijazah/STTB
    • Foto-copy ijazah SD
    • Foto-copy ijazah SLTP
    • Foto-copy ijazah SLTA

Tahapan seleksi penerimaan CPNS 2021

Merujuk pada tahun lalu, kuantitas tahapan penerimaan CPNS juga sama. Yaitu melalui dua tahap. cek Tahapan Seleksi CPNS 2021.

Penerimaan CPNS Tahap 1

Seperti diketahui, Kementerian Hukum dan HAM dan Mahkamah Agung tetap membuka penerimaan CPNS. Jumlah yang direkrut pada th. 2017 tempo hari juga untuk mengakomodasi putra-putri lulusan terbaik (cumlaude), putra-putri Papua dan Papua Barat, serta dari jalan umum. Kuota CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) miliki jabatan sebanyak-banyaknya pada penjaga lapas, dan analis keimigrasian. Untuk pekerjaan dibidang analisa imigrasi, diperlukan sarjana dari sebagian jurusan.

Antara lain Ekonomi, Akuntansi, Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer, Hukum, Sosial Politik, dan Bahasa Asing. Selain Kemenkumham, Mahkamah Agung juga membuka lowongan CPNS gelombang I untuk hakim dan hakim agung.

Penerimaan CPNS Tahap 2

Pada seleksi penerimaan CPNS bagian dua ini, para peserta yang jumlahnya ratusan hingga ribuan memperebutkan formasi CPNS yang ada di 60 kementerian.

Cek keterangan CPNS Kemenkumham 2021.