image_pdfDownload PDFimage_printPrint

Pemerintah akan membuka rekrutmen ASN 2021 yang terbagi dalam 2 jalur yakni CPNS 2021 dan PPPK 2021. Jadwal ASN 2021: Pengumuman SSCASN Penerimaan CPNS dan PPPK Guru dan Formasi Lain merujuk pada info yang ada sebelumnya bahwa rencana bukaan seleksi tahun ini akan berlangsung di Maret 2021.

Untuk jumlah formasi yang dibuka pada gelaran tes seleksi CPNS atau PPPK 2021 nanti, pihak Kemenpan menginformasikan bahwa jumlah keseluruhan keperluan pegawai atau formasinya lebih dari jumlah formasi pada tahun 2019.

CPNS 2021 berhubungan hal apa saja yang penting silahkan simak berikut.

Kapan Registrasi CPNS 2021 Mulai Dibuka?
Bahwa pelaksanaannya ditargetkan berlangsung pada April-Mei 2021.

Usul formasi CPNS atau PPPK 2021
Total masukan yang sudah masuk dalam pengajuan formasi CPNS tahun 2021 merupakan 113.172 formasi pusat dan 438.170 formasi tempat.

Mengingat PPPK dipakai secara eksklusif untuk rekrutmen guru, layak dengan persetujuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), PANRB, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Urusan Sipil serta menteri lainnya, Biro Pelayanan (BKN) akan mulai merekrut pada 2021 sejumlah 1 juta.

Ragam formasi yang dibuka ditahun ini?
Mengabarkannya dari isu Kompas.com sebelumnya pada 10 Januari 2021 lalu, dalam pembukaan kali ini akan ada tiga formasi CPNS dan PPPK yang akan diterima.

Rincian ketiga formasi yang dimaksud adalah :
Formasi Profesi guru
Formasi Tenaga kesehatan
Formasi Energi teknis lain seperti formasi teknologi info dan komunikasi, formasi infrastruktur permukiman dan sanitasi, formasi transportasi, formasi kekuatan, dan formasi air bersih.

Bagaimana Peluang bukaan khusus Profesi guru?
Satu juta orang akan dipilih via jalur PPPK untuk membuka alternatif tim profesional guru.

Teguh Widjinarko, perwakilan dari KemenPANRB, mengatakan pihaknya berencana merekrut 1 juta guru melalui rencana PPPK untuk menuntaskan kekurangan tenaga honorer dikala ini.

Artinya, pihak Kemenpan akan menjadi yang pertama memecahkan problem ini dalam waktu dekat. Walaupun seperti itu, tidak menutup kemungkinan fakultas akan membuka kembali seleksi melewati trek CPNS pada tahun kedua.

Isu Lainnya mengenai Jadwal ASN 2021 : Pengumuman SSCASN Penerimaan CPNS dan PPPK Guru dan Formasi Lain

Pemerintah akan merekrut lagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2021. Walaupun menghadapi pandemi Covid-19, pemerintah konsisten akan menetapkan opsi.

Tentu saja, berita baik ini telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat di seluruh negeri.

KaBiro Hukum, Komunikasi dan Isu Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Andi Rahadian memulai dari Kompas.com dan memperbaiki isu hal yang demikian. Dimana formasi pada 2021 akan lebih banyak dari segi jumlah formasi ketimbang sebelumnya.

Pemerintah juga menjadwal proses seleksi CPNS tahun 2021. KemenPANRB selaku Plt Wakil Presiden Bidang Sumber Tenaga Manusia mengatakan, sasaran pendaftaran CPNS 2021 ialah April hingga Mei 2021.

Berdasarkan draf kemajuan pengelompokan ASN yang diusulkan dan rencana rekrutmen CPNS 2021 yang diterima, proposal pengelompokan 2021 yang direncanakan untuk Maret 2021 awalnya diperpanjang sampai akhir Mei 2021.

Untuk pembentukan tahun 2021 dan institusi mana yang memberi peluang, kami masih memproses data yang masuk. Ini akan diumumkan paling cepat akhir Maret.

Pihak Kemenpan mengatakan, diperkirakan pelaksanaan registrasi bisa diawali dari April sampai bulan Mei 2021.

Mengenai jumlah formasi CPNS 2021 yang diusulkan, data dari pusat sebanyak 113.172 formasi. Sedangkan data dari pemerintah tempat sebanyak 438.170 formasi.

Tetapi, khusus untuk posisi PPPK, akan tercipta 1 juta posisi guru.

Bedanya dengan tahun sebelumnya, komposisi guru tidak lagi tersaring via seleksi CPNS, namun lewat metode perjanjian kerja (PPPK) PNS.

Pemilihan CPNS dan PPPK membutuhkan tiga bentuk. Rincian formasi ialah: Pekerjaan guru, Kekuatan kesehatan, dan Kekuatan teknis lain.

Sebagaimana diceritakan di atas, akan dipilih 1 juta orang lewat jalanan PPPK untuk memilih tim profesional guru.

Sedangkan begitu, tidak menutup kemungkinan dibukanya kembali regu pengajar (formasi guru) melalui trek CPNS di tahun kedua.

Was this helpful?

4 / 0