image_pdfDownload PDFimage_printPrint

Terdapat 113.172 dari jumlah usulan kuota untuk mengisi formasi CPNS pusat hingga tahun 2022. Untuk Pemerintah Daerah perekrutan CPNS tidak akan dikerjakan secara besar-besaran seperti tahun-tahun sebelumnya. Alasannya tentu karena Pandemi. Apa saja Formasi CPNS di Registrasi Tahun ?

Penerimaan CPNS yang secara resmi belum diawali tapi tidak sedikit yang terus memantau perkembangan informasi CPNS, bagus itu mengenai pembaruan formasi tempat mana saja yang akan dibuka duluan maupun tentang langkah-langkah pendaftarannya secara online.

Metode registrasi online tentunya mengaplikasikan halaman resmi pendaftaran CPNS.

Dua cara termudah untuk mengenal tautan sah registrasi CPNS sangat mudah sebetulnya tinggal ketik saja di google ialah “Link Registrasi CPNS ” maka telah pasti banyak yang membahas tentang tautan yang dimaksud tetapi mana yang tautan registrasi sah?

Cara kedua yakni dengan masuk lantas halaman pendaftaran legal CPNS , ialah sscn.bkn.go.id

Pada tahap ini kita telah akan masuk ke halaman legal registrasi CPNS , lalu apa yang wajib dilakukan dan bagaimana metode cek formasi di halaman legal hal yang demikian serta bagaimana cara mengenal kapan jadwal bukaan percobaan CPNS dimulai.

Sebelum membahasnya lebih lanjut maka cek juga info mengenai CPNS Kemenkumham .

Sscn.bkn.go.id merupakan halaman legal BKN ( Badan Kepegawaian Negara ) yang khusus untuk Cara Seleksi CPNS Nasional (SSCN) yakni panitia penyelenggara CPNS tiap-tiap tahun.

Data server dari sscn.bkn.go.id akan terintregrasi ke database kepegawaian milik BKN. Artinya tiap-tiap tamatan percobaan CPNS karenanya sebagian datanya telah terekam di database kepegawaian BKN.

Cara registrasinya pun secara online dengan validasi utamanya ialah NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Jadi bagi calon pelamar yang baru akan mencontoh seleksi CPNS tahun harap cek lebih-lebih dahulu NIK kamu, apakah sudah tercantum di data kependudukan Dinas Catatan Sipil? Sebab NIK yang datanya bermasalah akan menghalangi dalam pengerjaan pendaftaran CPNS di halaman resmi SSCN BKN ini.

Apabila sudah clear persoalan NIK (sekiranya ada) maka berikutnya bersiap menyimak pembahasan mengenai halaman legal atau Link Registrasi CPNS ini.

Pada tampilan depan menonjol beberapa gambar dalam slide show situs berupa gambar memperindah tampilannya, dan sekiranya kita amati di sudut kiri atas ada beberapa menu web yang dapat dipilih.

Pada menu di Link Pendaftaran CPNS ini yang menjadi konsentrasi kita yakni 2 merupakan Menu “Pendaftaran” dan Menu “Login”.

Urutannya ialah Pendaftaran dahulu baru dapat login. Nah bagi calon peserta percobaan CPNS diharuskan memiliki akun di situs sscn.bkn.go.id ini, caranya yaitu dengan melakukan pengisian form registrasi akun di menu pendaftaran yang kita sebutkan tadi.

Apa saja yang diperlukan pada ketika registrasi akun SSCN BKN ini?

Siapkah dokumen seperti KTP dan KK (Kartu Keluarga) karena bagus nomor KTP (NIK) maupun NO KK akan dibutuhkan dalam pengisian form registrasi ini.

Silahkan ikuti langkah demi langkah registrasi akun calon peserta CPNS di web sscn.bkn.go.id ini, dan jangan lupa untuk memasukkan alamat surel aktif pada dikala registrasi tersebut karena nantinya kata kunci untuk login akan dikirim ke email.

Kami rasa progres pendaftaran ini tidaklah susah selain pada keadaan tertentu dimana situs sedang ramai pengunjung. Dikala melaksanakan registrasi akun pada saat web sedang banyak pengunjung maka sebagian kendala bisa saja terjadi. Hindari memaksakan diri mendaftar pada dikala laman sedang ramai, tunggu di waktu-waktu sepi.

Ketika cara kerja pendaftaran telah selesai, karenanya selanjutnya akun telah jadi dan kita bisa login pada website sscn.bkn.go.id memakai nama pengguna dan kata kunci yang telah dikirimkan ke surat elektronik.

Sesudah pengerjaan login inilah registrasi CPNS bisa dilaksanakan pantas dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Kebingungan perihal sistem daftar maupun login, silahkan cek di Sistem Daftar Online CPNS .

Link Pendaftaran CPNS Lulusan SMA
Mengapa formasi tamatan SMA demikian itu menarik bagi calon pelamar? Bisa saja yang menjadi alasannya yaitu di masa sekarang sudah jarang yang membuka lowongan untuk kualifikasi SMA, sebab pada kenyataannya alumnus Sarjana malahan yang belum bekerja “ada dimana-mana”.

Jika dipandang sepintas dari bukaan CPNS yang lalu, bahwa lowongan SMA ini menerima jumlah yang banyak di instansi Kemenkumham, bahkan maka CPNS Kemenkumham menjadi formasi dengan jumlah peserta terbanyak kala itu dibandingi segala instansi yang membuka lowongan CPNS.

Bagaimana dengan CPNS Kemenkumham ? Apakah formasi yang dibuka sama banyaknya dengan tahun lalu?

Berdasarkan info terupdate dari Kemenpan dan juga BKN bahwa di tahun pembukaan CPNS berbeda dengan masa-masa sebelumnya terutamanya untuk penentuan jumlah formasi yang akan diterima.

Jika asumsi selama ini bahwa perekrutan CPNS dilaksanakan untuk menggantikan pegawai pensiun, karenanya di CPNS tak sepenuhnya benar.

Alasannya merupakan sebab dari contohnya di sebuah instansi ada 100 pegawai pensiun tahun ini, kemungkinan perekrutan CPNS cuma 20 atau 30 orang saja. Ini semata-mata untuk keefektifan dan efisien kerja pegawai di dalam instansi.

Artinya pemerintah menghendaki tidak perlu banyak jumlah pegawai tetapi cukup sedikit melainkan mampu bekerja efektif dan efisien sebab memiliki kompentensi yang baik dibidangnya.

Lalu dimana kita dapat akses Tautan Pendaftaran CPNS Tamatan SMA?

Tautan laman pendaftaran CPNS masih sama baik itu untuk lulusan SMA, Diploma, maupun sarjana merupakan di sscn.bkn.go.id, mengenai tata sistem aksesnya telah banyak dibahas pada postingan-postingan sebelumnya.

Sebagai tambahan isu kali ini kami juga berbagi mengenai formasi apa saja yang akan dibuka khusus untuk pendaftar dengan mempunyai kualifikasi Ijazah SMA tahun .

CPNS untuk Lulusan SMA

  1. CPNS SMA Kemenkumham
    Kemenkumham memang akan membuka CPNS bagi Tamatan SMA penempatan Kemenkumham dengan persyaratan lulusan SMA/SMK.

    Di tahun lalu ada 3.532 formasi khusus yang dibuka oleh Kemenkumham untuk alumnus SMA/SMK/MA. Kuota ini termasuk jumlah yang banyak jikalau diperbandingkan dengan instansi lain.

    Dari total 3.532 tempat duduk lowongan Kemenkumham hal yang demikian, sebanyak 2.875 orang diantaranya yakni lowongan untuk jabatan penjaga tahanan atau sipir bagi pemilik ijazah SMA sederajat.

    Terbagi menjadi 2 bagian merupakan 101 putra/putri papua dan papua barat, lalu komponen lainnya 2.774 untuk formasi biasa.

    Formasi lainnya yang dibuka oleh Kemenkumham ada 2.774 formasi lazim dengan rinciannya 2497 pria dan 277 wanita.

  2. CPNS SMA Kejaksaan Agung
    Lebih sedikit ketimbang Kemenkumham, di CPNS lalu Kejaksaan Agung membuka 2.000 kursi CPNS khusus lulusan SMA sederajat .

    2 jabatan yang dibuka untuk rekrutmen kala itu yakni merupakan tahanan pengawal tahanan (Napi) serta pengemudi kapten.

    Pengawal Napi menerima kuota formasi sejumlah 1000 formasi, jumlah yang sama dengan pengemudi kapten sebanyak 1000 formasi juga. Ada 2 formasi putra/putri papua dari 1000 formasi tersebut.

    Sementara lainnya sebagany 998 orang dibuka formasi lazim CPNS Kejaksaan Agung.

    Lalu berapa formasi CPNS SMA Kejaksaan Agung ? Masih menunggu Rilis Resmi.

  3. CPNS SMA Kementrian LHK
    Berikut jumlah formasi di CPNS KemenLHK jangka waktu lalu, ada 80 formasi jalur Lulusan SMK dengan jabatan pelaksana pemula atau pemula polisi kehutanan. Rinciannya Pelaksana pemula/pemula paramedik veteriner dibuka 9 bangku formasi; pelaksana pemula/pemula pengawas bibit tanaman dibuka 2 kursi formasi; Pelaksana pemula/pemula paramedik pengawas mutu pakan dibuka 5 tempat duduk formasi; pemeliharaan kebun dibuka 2 kursifromasi ; dan pelaksana pemula/pemula bidang pengendali organisme pengganggu tumbuhan dibuka 1 kursi formasi.
  4. CPNS SMA Kementan
    Kementrian Pertanian (Kementan) membuka 45 formasi untuk CPNS tahun lalu, lowongan jabatannya adalah masing-masing di pelaksana pemula/pemula paramedik karantina binatang dibuka 26 tempat duduk formasi.
  5. CPNS SMA Kemendikud
    Kemendikbud juga ikut meberikan kans jalanan SMA/SMK, ada 11 formasi yang terbagi atas 3 jabatan Merupakan, Jabatan administrasi keuangan dibuka 3 kursi formasi; jabatan teknisi lab dibuka 2 bangku formasi; dan jabatan teknisi pemetaan dan penggambaran dibuka 6 bangku formasi.
  6. CPNS SMA BIN
    Badan Intelijen Negara (BIN) membuka 200 bangku formasi bagi alumni SMA atau sederajat menjadi abdi negara pada CPNS lalu. Posisi jabatan yang dibuka yaitu pranata komputer pelaksana pemula pada Sub Direktorat Liaison, lalu jabatan untuk Direktorat Kerja Sama Internasional, serta jabatan untuk Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.
  7. Detail CPNS Lulusan SMA
    Belum ada rilis legal dari Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) adalah Menpan dan BKN karenanya belum dapat dipastikan berapa jumlah lowongan CPNS SMA .

Akses web legal BKN di SSCN.BKN.Go.id untuk berita legal jumlah formasi jikalau telah dirilis. Hati-hati info hoax mengenai jumlah yang dibuka dalam formasi CPNS , sebaiknya cek ulang di web sah.

Was this helpful?

11 / 1